Mimpi Anak Broken Home

Semua anak menginginkan kasih sayang dan kehangatan dari orang tua yang hidup bahagia. Tidak ada anak yang ingin hidup tanpa orang tua. Akan tetapi, ketika ia hidup dalam keluarga yang berantakan, ayah dan ibu yang tidak akur sampai pada perceraian, banyak anak yang berpikir untuk tidak memiliki orang tua dan tidak dilahirkan.

Anak yang lahir dari keluarga yang berantakan sangat rentan dengan kehidupan dan perilaku yang menyimpang. Ketidakperdulian orang tua akan perasaan anak, juga akan membuat anak tidak perduli dengan sekitarnya. Ia melakukan apa saja yang ia senangi tanpa memperdulikan orang lain dan sekitarnya karena meskipun ia menyimpang itu adalah kesenangannya.

Anak broken home juga sangat membutuhkan perhatian yang selama ini tidak didapatkan dari keluarga yang berantakan. Sehingga, ia selalu melakukan apapun yang bisa menarik perhatian orang lain padanya. Anak broken home tak pernah merasakan kasih sayang orang tua sehingga ia juga tak memiliki atau bahkan tidak merasa menyayangi seseorang.

Namun, dari semua masalah yang menghancurkan hati dan masa depannya, anak broken home juga punya mimpi untuk bahagia. Mereka juga punya keinginan untuk membangun keluarga yang bahagia. Tidak seperti keluarga mereka dahulu. Mereka ingin memiliki anak dan melihatnya bahagia. Karena baginya, cukup mereka yang pernah menjadi korban broken home.

Advertisements

Ucapan Maafku

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Selamat hari raya ndak usah banyak gaya yang penting hari ini kita bersahaja.

Ndak usah pake baju baru karena rasanya saya malu kalau tidak meminta maaf kepada kamu yang belum mengenal saya. Jadi, saya minta maaf kalau sebelumnya saya sok kenal dan sok akrab di depanmu. Saya mohon maaf kalau saya suka mengganggu dengan mengajakmu berkenalan, tapi sebelumnya salam kenal saja buat kamu.

Buat teman-teman yang kurang akrab atau sekedar kenal saya juga mohon maaf karena terkadang saya pura-pura tak kenal dan bawaanya cuekin kamu. Karena saya hanya mencoba anggun dan berwibawa saja di depan orang lain๐Ÿ˜‚. Tapi tulus dari dalam hati, saya sangat menyesal melakukan ini karena demikian membuat kita jadi tak akrab.

.

Buat sahabat serasa saudara, saya mohon maaf kalau kehadiranmu terkadang kujadikan pelampiasan tentang rasa marah, sedih dan kesalku. Tapi sebagai saudara, saya juga siap dibuat seperti itu, karena namanya sahabat adalah dia yang selalu ada di saat susah dan senang. Terima kasih banyak kamu.

Buat si boy, saya juga meminta maaf ke kamu karena membuatmu terlalu sayang๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, membuatmu rindu dan tak bisa tidur (lebay), tapi semoga Allah menjodohkan kita.

Buat keluarga, terutamanya bapak dan ibu maaf karena aku belum bisa menjadi wanita soleha, belum menjadi anak yang berbakti, belum menjadi anak yang bisa di banggakan. Kalian berdua adalah pemilik cinta yang mulia karena membesarkanku dengan cinta yang tulus dari hati kalian.

Buat Allah swt yang telah menciptakanku, memberiku orang tua dan orang-orang dekat yang baik, yang tak hentinya memberiku nikmat dan keberkahan hidup, hamba juga meminta maaf ya Allah karena aku belum berpuas diri mendapati bulan ramadhan yang terasa sangat singkat ini, maka aku mohon kepadamu ya Allah pertemukanlah Aku dengan ramadhan selanjutnya bersama keluarga dan sanak saudaraku.

Obor Kemenangan Idhul Fitri

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa ilaaha illallah wa Allahu Akbar..

Taqobbal Allahu Minna wa Minkum, minal aidin wal faizin, saya Lisa Sugiarti dan segenap keluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin setelah kesalahan-kesalan yang disengaja maupun yang tidak. Namun, syukur kiranya bahwa obor yang masih menyala di tiap-tiap jalanku selalu menunjukkan jalan yang benar, yakni jalan menuju keridhoaan Allah swt.

.

Malam ini obor-obor itupun semakin menyala-nyala melambangkan kemenangan kita umat Islam. Esok kan lebaran dan malam ini adalah penghujung ramadhan, penghujung perjuangan kita untuk mendapati nikmatnya Ramadhan, bulan yang paling diberkahi Allah swt dan bulan penuh ampunan. Sehingga dengan kemenangan ini, semoga Allah menghapus dosa-dosa kita yang lalu dan menggantikannya dengan amal ibadah yang mulia.

.

Namun dengan berakhirnya ramadhan, bukan berarti bahwa kitapun telah berhenti untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Akan tetapi, jadikan ibadah-ibadah kita itu tetap bersih dan tidak berubah timbangannya dengan dosa-dosa lagi dengan tetap menjaga ibadah kita, hubungan kita kepada Allah swt.

.

Semoga obor-obor kemenangan ini, masih membawa kita kepada kemenangan selanjutnya yakni ramadhan selanjutnya. Semoga Allah memanjangkan umur kita, saudara kita, serta orang tua kita sehingga kita masih bisa bersama dengan mereka di bulan ramadhan selanjutnya, amin ya rabbal alamin..

#day29

#ramadhanberkisah

#penajuara

Cinta yang Ku rindu

Suara takbir telah menyerukan nama sang pemilik semesta setelah sujud terakhir di rumah suci Islamic Center Dato Tiro Bulukumba. Semua jamaan pun mulai meninggalkan persujutannya sejak tadi. Hanya ada beberapa orang lagi yang masih khusyuk mengacungkan tangannya kepada sang Ilahi, merendahkan dirinya dan menangis di hadapannya. Sementara aku yang lemah terpukul sakit masih tak tau harus berbuat apa setelah semua yang kulakukan kini ku sesali. Aku malu pada-Nya setelah apa yang telah kulakukan selama ini.

.

Aku memang bodoh, menyia-nyiakan cinta yang tercurah suci padaku. Menganggapnya bagai kerikil di antara jalan beraspal. Begitu kunikmati setiap langkahku yang tak berarah lagi. Mengikuti jalan yang mulus beraspal namun berujung buntu dan membawaku ke lorong kesesatan yang begitu rimba kegelapan. Tidak kusadari, betapa kerikil itu memanggilku untuk berhenti dan mencari jalan yang benar. Begitu cintanya yang tak pernah kupedulikan hingga semua bagai hilang kehabisan perasaan.

.

Ku ikuti kemana saja lelaki yang kuanggap adalah dewa cinta. Ku meminta kepadanya untuk tidak menyakiti hati yang tak pernah peluh menyebut namanya, ku prioritaskan dirinya, oleh dirinya dan untuk dirinya pula. Sedangkan diriku tak pernah untuk hatiku karena semua bagiku adalah milik sang dewa cinta. Padahal ternyata ada cinta yang tak pernah kupinta, ada cinta yang selalu melekat pada diriku dan ada cinta yang tulus untukku.

.

Cinta dari ibu yang melahirkanku dan cinta dari ayah yang mengangkatku semuanya suci tercurah dari dalam hati yang tulus pada anaknya. Namun, kepergianku yang tak pernah menyahut panggilannya membuatku sangat merindukan mereka. Di malam ini, di saat semua orang bergembira dan berkumpul bersama keluarganya. Sementara aku, mendengar suaranya saja sudah tak bisa.

.

Di bawah kubah ini, kuberharap masih ada cinta yang suci dari sang Ilahi. Aku berharap tak terlambat untuk kali ini. Aku berharap masih bisa merasakan cinta dari-Nya setelah dosa kedurhakaanku pada orang tua, setelah kelalainku pada-Nya, dan setelah cinta-Nya ku biarkan begitu saja. Hanya Allah yang tau betapa ku menyesal memiliki hati dan cinta hanya untuk seorang lelaki biasa, dan betapaku menyesal tak dapat lagi merasakan cinta ibu dan ayahku. Dan betapaku sangat menyesal jika Aku tak lagi di cintai oleh-Mu ya Rabb..

#day28

#ramadhanberkisah

#penajuara

Akhir bukan titik, tapi sebuah tanda tanya

Jangan mengakhiri sesuatu dengan tanda titik, tapi berilah tanda tanya di akhir sesuatu itu untuk memulai sesuatu yang baru. Jangan berkata “ini sudah berakhir”. Tapi katakanlah “ini sudah berakhir ?”. Maka sesuatu pun menjawab tanda tanyamu.

.

Hidup ini seperti filsafat yang tidak pernah memunculkan jawaban. Akan tetapi hidup ini selalu memunculkan pertanyaan. Dari pertanyaan muncul sebuah pertanyaan dan tidak akan memunculkan sebuah pernyataan. Oleh karena itu menerima kenyataan hidup tidak selalu di anjurkan karena itu sama saja kita menyerah pada kenyataan.

.

Semua orang pernah mengakhiri sesuatu, akan tetapi tidak semuanya benar-benar berakhir. Mereka berkata akan memulai dari awal tapi sebenarnya ia terus melanjutkan langkahnya. Seumpamanya seseorang sudah naik ke lantai sepuluh. Tiba-tiba ia ingin kembali memulainya dari awal. Tentu orang itu tidak mungkin meloncat dari lantai 10 ke lantai pertama. Tapi dia harus menuruni lantai ke 9,8,7,6 dan seterusnya untuk sampai ke lantai pertama. Sadar ataupun tidak, orang itu tidak mengakhirinya. Karena segala sesuatu yang berakhir itu adalah ketika kita berhenti bernafas.

.

Dalam hidup, tidak akan ada orang yang bisa kembali memulai segala sesuatunya dari nol, kalau ya maka ia juga harus kembali melalui jalan hidup yang ia lewati. Meskipun demikian itu akan membuang-buang waktu saja. Maka tetaplah melangkah. Jangan mengatakan “berakhir.” Tapi katakanlah “berakhir ?” Maka akan ada dua jawaban, ya untuk mati dan tidak untuk tetap hidup. Orang yang lemah akan menjawab ya dan orang yang kuat pasti menjawab tidak.

#day27

#ramadhanberkisah

#penajuara

Mengenal Cewek Gemini

gemini adalah salah satu bentuk rasi bintang yang nampak pada malam hari di bulan januari-mei. Gemini adalah zodiak ke 3 yang digambarkan dengan orang kembar sebagai lambang bagi orang yang lahir antara 21 mei sampai 21 juni. Gemini juga disebut sebagai mentuna dan jauza.

.

Berbicara tentang gemini, ada beberapa hal unik yang melekat pada perempuan yang memiliki zodiak gemini. Orang-orang disekitarnya, terutama cowok harus tau hal ini untuk bisa lebih dekat dan akrab dengannya. Jadi, simak dengan baik ya..

.

Cewek gemini itu orangnya humoris, pecicilan tapi sebenarnya dia cewek yang lembut dan anggun. Cuma dia nggak suka kalau lagi bareng teman tapi suasananya kaku. Jadi kalau kamu berteman dengan cewek gemini pasti kamu selalu di buat ketawa olehnya. Orang yang baru kenal saja juga bisa di buat ketawa olehnya. Pokoknya kalau mau kenalan sama dia gampang banget, karena cewek gemini ini tidak suka diam di saat ada seseorang di dekatnya. Nggak heran kalau cewek gemini punya banyak teman.

.

Cewek gemini itu paling jago memendam rasa. Dia lebih bisa menangis daripada curhat ke teman ataupun sahabatnya. Meskipun dia sedih, tapi dia bisa menutupi perasaannya dengan candaan yang ia lontarkan. Dia tidak suka membagi kesedihan. Buat teman akrabnya jangan merasa kalau kalian tak begitu mengenalnya karena memang dia tak suka curhat tentang apa yang dia rasakan. Tapi cewek gemini paling asyik di ajak curhat, karena dia nggak cuma mrnghibur tapi dia memberikan solusi dan motivasi yang sangat baik.

.

Kalau soal asmara, dia ini cewek yang paling susah di dapat. Bawaanya yang suka bercanda, membuat para cowok yang mendekatinya harus bekerja lebih ekstra karena meskipun kamu serius mengungkapkan perasaanmu, dia selalu menganggapinya dengan candaan alias susah di ajak serius. Tapi, kalau kamu sudah sukses meyakinkannya, hal yang harus kamu lalui selanjutnya adalah mendapatkan hatinya. Cewek gemini itu orangnya nggak tegaan banget jadi bisa saja perasaanmu diterima karena dia nggak tega menolak. Tapi, kalau kamu benar-benar bisa membuatnya nyaman maka kamu akan sangat beruntung karena ia adalah tipe cewek yang paling setia. Sama teman-temannya aja setia, apa lagi kalau sama pasangannya.

.

Meskipun cewek gemini itu mudah akrab dan setia, kamu juga harus berhati-hati dengannya. Cewek gemini itu paling sulit memaafkan orang lain. Meskipun di hadapanmu masih sebaik dulu tapi hatinya sudah berubah dan bisa saja ada dendam di dalamnya. Di depanmu dia bisa baik tapi di belakang dia sangat benci setiap apa yang kamu lakukan. Namanya juga cewek yang suka memendam jadi, kalau dia benci sama kamu, dia nggak akan perlihatkan ke kamu.

#day26

#ramadhanberkisah

#penajuara

Lebih baik kembali daripada harus tenggelam

Dari barat, kulihat fajar menyaksikan kedatanganku di ujung timur sana. Rasa malu, pasti telah tergambar dari wajahku sejak sinarnya menyapaku. Meski demikian kucoba menampakkan wajah bahagiaku dan menyembunyikan kekecewaanku. Tapi, kiranya ini adalah sebuah kesyukuran karena alunan ombak tak pernah benar-benar pergi.

.

Masih kuingat masa-masa silam di pulau kelapa. Pulau yang membesarkan dan mengajarkanku bertahan hidup dari derasnya ombak, dari kerasnya karang dan dari perihnya air laut. Semua itu seakan telah menjadi kawan kecil yang masih setia hingga sekarang. Tapi, keresahanku membutakan mataku hingga tak melihat deretan-pohon kelapa menghalaiku untuk berlayar pergi.

.

Sebuah keresahan akan siapa jati diriku yang sebenarnya. Tentang siapa dan apa tujuan hidupku. Tentang apa dan bagaimana kehidupanku kelak. Namun keresahanku itu benar-benar membuatku gila dan lupa diri. Kulakukan apa saja yang menurutku adalah sebuah jati diri dan bodohnya, kulalaikan kewajibanku sebagai hamba dari sang pemilik raga dan roh ini. Kulupakan siapa yang telah menjadikanku pemuda tangguh dari pulau kelapa, hingga aku memilih untuk meninggalkan mereka semua.

.

Diperjalanan, kurasakan semua yang menyayangiku benar-benar marah padaku. Mulai dari angin, ombak dan hujan seakan murka melihat perlakuanku. Semakin jauh, semakin tidak ada kenyamanan dan ketentraman yang kurasakan. Semakin jauh, hidupku semakin berantakan dan hancur tak tersisakan.

Hingga di sebuah titik perjalananku, ombak benar-benar menggoyangkan kapal layarku. Dan di sinilah aku mulai merindukan ombak yang dahulu pernah bersahabat denganku. Luka-luka yang kutemui sejak berlayar pun kian perih karena air laut. Dan benar semuanya menganggapku bukan kawan lagi.

.

Aku tak lagi berdaya di tengah-tengah ganasnya lautan. Dingin dan sakit tak lagi dapat tertahankan. Dari penderitaan itu, masih sempat kulihat langit yang mengingatkanku kepada kawanku yang paling setia. Berkali-kali kusebut namanya dan memohon pertolongannya. Entah berapa kali hinga aku tak sadarkan diri lagi.

.

Kusadari kini, kawan-kawanku tak pernah benar-benar marah padaku. Mereka hanya merindukanku untuk kembali ke pulau kelapa yang aman dan damai ini. Setelah masalah dan masalah yang harus kutempuh, alunan ombak membawaku kembali untuk mengadu kepada siapa yang memilikiku. Kurasakan pula alunan ombak menyatu dalan diriku yang tak pernah benar-benar pergi. Kepergianku yang tak sampai-sampai pada sebuah tujuan hingga aku harus kembali bersama ombak dari pada harus tenggelam dalam lautan keresahan.

Bulukumba, 10 juni 2018

Lisa Sugiarti

#day25

#ramadhanberkisah

#penajuara